- Konsep hakikat IPA sebagai proses
Proses adalah urutan atau langkah-langkah suatu kegiatan untuk memperoleh hasil pengumpulan data melalui metode ilmiah.
Contoh: pengamatan tentang tumbuhan kacang hijau ditempat terang dan ditempat gelap.
Tahapan dalam proses penelitian adalah:
Ø Observasi
Adalah pengamatan suatu objek berdasarkan ciri-cirinya dengan menggunakan beberapa indera.
Contoh: pengamatan ciri-ciri tanaman yang tumbuh ditempat gelap.
a. Daunnya kuning kecil
b. Batangnya lebih panjang
c. Lebih cepat tumbuh
Ø Klasifikasi
Adalah pengelompokan objek pengamatan berdasarkan perbedaan dan persamaan sifat yang dimiliki.
Contoh: klasifikasi tumbuhan ditempat terang dan ditempat gelap
a. Bentuk daun
b. Batang tumbuhan
c. Warna tumbuhan
d. Tinggi tumbuhan
Ø Interpretasi
Adalah menafsirkan data-data yang telah diperoleh dari kegiatan observasi.
Contoh: daunnya kuning kecil pendek dan pertumbuhannya lambat adalah tumbuhan kacang hijau ditempat gelap, sedangkan daunnya lebar panjang, berwarna hijau dan pertumbuhannya cepat adalah tumbuhan kacang hijau ditempat terang.
Ø Prediksi
Adalah memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan kecenderungan atau pola hubungan yang terdapat pada data yang telah diperoleh.
Contoh: kacang hijau akan tumbuh jika ditaruh ditempat yang gelap.
Ø Hipotesis
Adalah suatu pernyataan berupa dugaan tentang kenyataan-kenyataan yang terdapat dialam melalui proses pemikiran.
Contoh: kacang hijau akan lebih lambat tumbuh jika ditaruh ditempat gelap dan akan lebih cepat tumbuh apabila ditaruh ditempat yang terang.
Ø Mengendalikan variable
Adalah mengatur variable sedemikian rupa sehingga perbedaan pada akhir eksperimen adalah benar-benar karena pengaruh variabel yang diteliti. Variabel terdiri dari 3 yaitu:
a. Variabel bebas/variabel peubah: faktor yang menjadi penyebab terjadi perubahan terhadap faktor yang lain. Contoh: cahaya mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan.
b. Variabel terikat adalah vaktor yang mempengaruhi atau diubah. Contoh: tanaman
c. Variabel control adalah variabel yang dibuat tetap. Contoh: wadah dan kapas
Ø Merencanakan dan melaksanakan penelitian eksperimen
Penelitian dapat dipecahkan menjadi beberapa tahap dan dikembangkan kepada anak didik satu persatu antara lain:
a. menetapkan masalah penelitian: menetapkan suatu masalah yang dijawab melalui suatu penelitian.
Contoh: pertumbuhan pada kacang hijau
b. Menetapkan hipotesis penelitian
Contoh: benih kacang hijau yang berada ditempat gelap akan lebih lambat tumbuh apabila benih kacang hijau yang berada ditempat terang.
c. Menetapkan alat dan bahan yang akan digunakan
Contoh: kapas, wadah, air dan biji kacang hijau
d. Menetapkan langkah-langkah percobaan serta waktu yang dibutuhkan
Contoh: 1. persiapan: alat, tempat, tabel kerja dan regu kerja.
2. pelaksanaan: penanaman.
3. penyelesaian: penimbangan dan pengukuran
Ø Menetapkan format tabulasi data
2. Konsep hakikat IPA sebagai produk
Produk adalah hasil yang diperoleh dari suatu pengumpulan data yang disusun secara lengkap dan sistimatis.
Contoh: dari hasil pengamatan tanaman ditempat terang dan ditempat gelap maka dihasilkan perbedaan antara lain.
a. bentuk daun
b. tinggi tumbuhan
c. warna tumbuhan
IPA sebagai produk ada 4 antara lain:
1. fakta adalah pernyataan tentang benda yang benar-benar ada atau terjadi
Contoh: Kupang adalah ibu
2. Konsep adalah kumpulan dari beberapa fakta yang saling berhububgan
Contoh: manusia
3. prinsip adalah kumpulan dari beberapa konsep
Contoh: tumbuhan akan tumbuh keatas
4. teori atau hukum adalah prinsip-prinsip yang sudah diterima
Contoh: teori Jean Peaget
3. IPA sebagai sikap ilmiah
Beberapa aspek sikap ilmiah yang dapat dikembangkan pada diri anak SD yakni:
1. sikap ingin tahu
2. sikap ingin mendapatkan sesuatu
3. sikap kerja sama
4. sikap tidak putus asa
5. sikap tidak berprasangka
6. sikap mawas diri
7. sikap bertanggung jawab
8. sikap berpikir bebas
9. sikap kedisiplinan diri
1 komentar:
call
Posting Komentar